Pentingnya Menggunakan Jasa Arsitek Bagi Pembangunan Rumah Anda #Part2

Masih dengan bahasan yang sama ya, guys! Sebelumnya sudah dibahas 3 poin penting menggunakan jasa arsitek bagi pembangunan rumah idaman Anda. Masih banyak hal penting lainnya yang harus Anda ketahui dalam artikel ini. Arsitek dengan segala keahliannya mengenai arsitektur sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat, selain untuk pembuatan rumah juga sebagai tata kelola ruangan maupun lingkungan. Penasaran apa lagi hal penting tersebut? Mari kita simak di bawah ini.

Penyusunan anggaran biaya

Sebagian besar masyarakat pasti mengira bahwa menggunakan jasa arsitek pasti akan menguras dana yang tidak sedikit. Tapi tahukah Anda, bahwa dengan menggunakan jasa tersebut justru Anda bisa lebih berhemat. Seorang arsitek sudah pasti memperhitungkan anggaran biaya yang sesuai dengan kemampuan klien dalam hal pendanaan tanpa mengurangi keestetikan bangunannya. Banyak orang yang mengeluhkan setelah membangun rumah mengalami over budget yang tidak sedikit karena banyak membeli barang material yang di luar rencana.

Seorang arsitek, setelah membuat desain rumah, mereka akan menghitung perkiraan biaya yang akan dihabiskan untuk membuat rumah yang direncanakan. Mereka akan mengupdate harga material yang digunakan serta menghitung jasa yang dipakai dan memperkirakan kapan proyek akan selesai. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami over budget selama masih sesuai dengan perencanaan awal.

Tata letak ruangan lebih efisien

Keahlian dan pengalaman yang dimiliki seorang arsitek membuatnya dapat memanfaatkan segala sesuatunya dengan baik, pastinya dengan perencanaan yang matang. Masing-masing elemen dari setiap bentuk rumah dan tata ruang akan memiliki fungsi yang maksimal ditangan seorang arsitek. Dengan perencanaan yang telah dijelaskan sebelumnya juga arsitek mampu memanfaatkan setiap sudut bagian ruangan yang masih belum termanfaatkan. Tata letak ini sangat bermanfaat terutama bagi kita yang tidak memiliki area yang sempit untuk membangun rumah. Arsitek akan memberikan alternatif-alternatif area tempat penyimpanan sehingga ruang menjadi tampak lega.

Secara keseluruhan, arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luas tiap ruangnya, di mana letak jendelanya, berapa tinggi pintunya, bagaimana hubungan antar-ruang dan hal-hal detail lainnya. Beberapa arsitek bahkan juga memikirkan soal budaya yang dimiliki oleh kliennya agar rumah tersebut dapat memberikan kenyamanan dan kebaikan bagi pemiliknya.

Fee untuk arsitek

Hal ini tidak kalah penting bagi Anda yang akan menggunakan jasa aristek untuk membangun rumah idaman Anda. Untuk jasa desain arsitek (desain saja) biasanya seorang arsitek mematok harga per meter dari ukuran sebuah rumah. Harga desain sangat beragam mulai dari Rp.30.000 tergantung dari jasa desain yang diberikan dan tingkat pengalaman arsitek. Sedangkan jasa desain dan membangun biasanya dihitung berdasarkan prosentaase dari harga nilai fisik bangunan yang tercantum di RAB. Tarif jasa arsitek berada pada kisaran 3% s/d 7% dari RAB. Namun banyak juga yang menawarkan harga mulai Rp.100.000,- per meter persegi. Hal tersebut kembali lagi kepada fitur jasa yang diberikan dan tingkat pengalaman arsitek. Selain pengalaman, perusahaan jasa yang menaungi arsitek tersebut juga berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan. Latar belakang pendidikan seorang arsitek juga kadang menjadi pertimbangan bagi sebagian besar masyarakat karena merupakan titik awal seorang arsitek dalam meniti karirnya, sehingga hal tersebut cukup penting. Demikian yang dapat ditulis pada artikel ini, sudah cukup lengkap bukan? Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan jasa mana yang harus Anda gunakan. Di artikel-artikel sebelumnya juga sudah pernah dibahas mengenai tips dan cara memilih jasa arsitek yang profesional dan lain sebagainya. Anda bisa membuka laman website https://rumahklasik.com untuk melihat-lihat terlebih dahulu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *